Kelebihan Islamic Boarding School

  • Whatsapp
Islamic Boarding School

Perkembangan teknologi zaman sekarang memiliki dampak secara tidak langsung bagi generasi muda Indonesia. Banyak orangtua yang mempercayakan anaknya untuk dimasukkan dalam asrama sekolah salah satunya di Islamic Boarding School. Islamic boarding school merupakan salah satu jenis sekolah asrama yang memiliki basis pendidikan islam.

Islamic boarding school atau biasa yang disebut pesantren di Indonesia saat ini sudah banyak dengan berbagai jenis lembaga yang menaunginya. Islamic boarding school memiliki berbagai jenis jenjang pendidikan mulai dari SD hingga perguruan tinggi. Saat ini pesantren di Indonesia sudah memiliki berbagai fasilitas yang baik untuk kebutuhan santrinya.

Lalu apa saja kelebihan Islamic Boarding School dibandingkan sekolah umum? Nah, berikut beberapa ulasannya dari islamiques hanya untuk anda.

  1. Tenaga Pendidik Yang Lebih Berkualitas

Tenaga pendidik yang ada di Islamic Boarding School menerapkan beberapa tahapan seleksi yang cukup ketat. Tenaga pendidik yang dibutuhkan oleh Islamic Boarding School adalah orang yang memiliki keilmuwan yang memadai yang mendasarkan pada keilmuwan umum dan khusus yang islami serta sudah berlisensi.

Tenaga pendidik di Islamic Boarding School ini juga harus memiliki integritas, kepribadian yang dapat diteladani, kemampuan Bahasa asing (Bahasa arab dan Bahasa inggris) harus dikuasai. Tenaga pendidik di Islamic Boarding School biasanya juga hidup di lingkungan asrama atau pesantren.

  1. Lingkungan Sekolah Dan Asrama Yang Kondusif

Lingkungan Islamic Boarding School dibuat dengan konsep islami yang cukup kondusif, sehingga mendukung kegiatan belajar dan beribadah. Jadwal kegiatan siswa di Islamic Boarding School dibuat dengan lengkap dan bertujuan untuk menumbuhkan sikap disiplin untuk semua pihak yang hidup di lingkungan Islamic Boarding School.

Aturan yang dibuat oleh pengurus Islamic Boarding School biasanya dijadikan pedoman disetiap sudut ruangan. Siswa sudah terbiasa mengikui aturan dan menjadikan suasana sekolah menjadi lebih kondusif. Lingkungan yang kondusif akan mendukung siswa untuk menyerap semua ilmu yang diberikan oleh tenaga pendidik di Islamic Boarding School.

  1. Menumbuhkan Sikap Disiplin Anak

Semua peraturan yang dibuat di Islamic Boarding School tentunya akan menumbuhkan sikap disiplin terutama bagi siswanya. Disiplin merupakan salah satu sifat yang harus ditanamkan sejak dini untuk menjadikannya seseorang yang dapat menhargai waktu yang digunakan. Disiplin menjadi salah satu kunci sukses seseorang.

Siswa yang tidak mematuhi aturan akan mendapatkan sanksi, dimana biasanya sanksi di Islamic Boarding School adalah kegiatan untuk ibadah, menjadi khatib, atau hafalan al qur’an dengan jumlah yang banyak. Sanksi yang diberikan pun tidak selalu sanksi yang berbentuk fisik, sehingga tidak hanya jera namun siswa lebih banyak belajar dari kesalahan dan mengambil hikmahnya.

  1. Fasilitas Lebih Lengkap

Kelebihan Islamic Boarding School salah satunya yaitu fasilitas yang disediakan sangat lengkap untuk seluruh aktivitas siswanya. Fasilitas yang biasanya ada di Islamic Boarding School antara lain yaitu ruang kelas yang nyaman, asrama yang lengkap dengan semua fasilitasnya, kantin, perpustakaan, lapangan olahraga dan masih banyak lagi.

Islamic Boarding School yang memiliki fasilitas yang lengkap dan kualitas pendidikan yang baik tentunya akan menjadi impian bagi seluruh santri dan orangtua. Beberapa Islamic Boarding School modern di Indonesia yaitu Pondok Pesantren Gontor yang sudah berdiri sejak lama dan berlokasi di berbagai daerah di Indonesia.

Demikian merupakan beberapa ulasan mengenai kelebihan Islamic Boarding School yang dapat anda jadikan referensi. Masih banyak informasi mengenai kelebihan Islamic Boarding School yang harus anda ketahui. Semoga ulasan mengenai kelebihan Islamic Boarding School dapat bermanfaat bagi pembaca dan masyarakat luas.

Related posts