Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengetahui Jeruk yang Manis dan Matang

  • Whatsapp
Jeruk

Jeruk memang dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin, apalagi jeruk juga memiliki rasa yang segar. Biasanya, jeruk akan dikonsumsi secara langsung. Namun, jeruk pun bisa dijadikan olahan seperti jus buah maupun campuran pada kue dan puding. Selain itu, ada juga tambahan jeruk pada beberapa resep makanan sehingga dapat menambah cita rasa makanan tersebut.

Jeruk sendiri merupakan buah yang bukan hanya kaya akan kandungan vitamin, melainkan juga mineral. Selain itu, konsumsi jeruk sebanyak satu buah yang berukuran besar bisa memenuhi 18% dari kecukupan serat kita. Apalagi, serat yang terdapat dalam jeruk juga beragam, mulai dari lignin, hemiselulosa, pektin, serta selulosa. Nah, kebutuhan serat yang cukup ini akan memberikan manfaat bagi tubuh karena serat bisa dicerna oleh tubuh dan baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, serat berperan penting dalam mengontrol berat badan.

Untuk mendapatkan jeruk yang rasanya manis dan segar, maka kita perlu selektif saat memilih jeruk. Karena jika tidak, bukan rasa manis yang bisa kita dapatkan, melainkan rasa yang masam. Pada dasarnya, memang tidak mudah untuk memilih jeruk karena jerung memiliki kulit yang cukup tebal sehingga kita bingung untuk menentukan mana jeruk yang manis atau tidak.

1. Melihat tekstur kulit jeruk

Ketika jeruk sudah matang, maka ada beberapa ciri yang bisa kita lihat pada kulitnya. Maka dari itu, kita pun disarankan untuk menghindari jeruk yang teksturnya tebal dan kasar. Soalnya, hal ini menandakan bahwa jeruk tersebut memiliki kandungan air yang sedikit serta rasa yang kurang segar. Sementara itu, ketika kita memilih jeruk yang kulitnya halus dan mulus, maka hal tersebut adalah pilihan yang benar karena jeruk akan memiliki rasa yang manis serta sudah matang.

2. Memilih jeruk yang sedang mengkilap

Ada baiknya kita melihat buah di bawah sinar lampu. Dan ketika kulit jeruk terlihat mengkilap di bawah pantulan sinar lampu, maka hal ini dapat menandakan bahwa jeruk tersebut masih memiliki kondisi yang segar. Bukan hanya itu saja, warna kulit jeruk yang mengkilap pun menandakan bahwa jeruk memiliki tingkat kematangan yang sempurna dan tentunya terasa manis ketika disantap.

3. Menekan kulit jeruk

Ternyata, kulit jeruk juga bisa menandakan rasa yang dimiliki oleh buah yang terkenal sebagai sumber vitamin V ini. Soalnya, jeruk yang memiliki kulit tebal cenderung mengandung lebih sedikit air. Sementara itu, ketika kulit jeruk lebih tipis maka artinya kandungan airnya lebih banyak.

4. Melihat warna jeruk

Warna jeruk bisa dijadikan patokan untuk melihat tingkat kematangan sebuah jeruk. Apabila misalnya kita sedang  membeli jeruk mandarin, maka kita disarankan untuk memilih jeruk yang warnanya orange mencolok atau orange gelap. Akan tetapi untuk jeruk lokal, maka kita disarankan untuk memilih jeruk yang warna kulitnya orange kehijauan.

5. Melihat bagian bawah pada jeruk

Pastikan juga untuk melihat bagian bawah pada kulit jeruk ketika kita hendak membelinya. Apabila jeruk tersebut memiliki lumpang maupun cekung, maka hal ini dapat menandakan bahwa jeruk terasa manis dan segar. Soalnya, ada kandungan air yang melimpah.

Nah, itulah tadi 5 hal yang perlu kita pertimbangkan ketika kita sedang memilih jeruk. Untuk mendapatkan jeruk manis berkualitas secara praktis dan simpel, kita bisa langsung berbelanja di platform online yang menyediakan aneka buah dan sayur, apalagi kalau bukan TaniHub.

Related posts