Cara Mengatasi PMS dan Mengenali Gejala-Gejalanya

  • Whatsapp
Cara Mengatasi PMS dan Mengenali Gejala-Gejalanya

Untuk para perempuan pasti pernah Mengalami sebuah PMS, sebenarnya apa itu PMS?  PMS itu adalah sebuah singkatan yaitu Pree Menstrual Sybdrom sekumpulan sebuah gejala yang di alami oleh seorang perempuan sebelum terjadinya masa menstruasi. PMS yang biasanya terjadi sekitar 1 mingguan hari sebelum haid, ya meskipun ada juga perempuan yang telah mengalaminya hingga hari pertama pada periode Haid. Untuk kebanyakan perempuan pasti mengalami sebuah PMS sebelum terjadinya Haid dengan derajat yang beda-beda. ada juga yang sangat ringan dan ada juga sebuah gejala yang sangat berat. Oleh karena itu, Wanita yang mengalami PMS yang sangat berat sangat sedikit yang mengalami., dengan seiring bertambahnya umur, dengan sebuah tingkat keparahan pada PMS dapat juga sangat meningkat.

Yang misalnya saja pada perempuan yang jelang menopause. karena gejalanya yang sangat terbilang mirip. Mungkin tidak semua orang salah mengira PMS sebagai dismenorea. Yang secara umum, ada dua jenis gejala yang sering muncul pada Wanita yang mengalami PMS yaitu fisik dan juga emosi yang berlebihan. Untuk gejala yang di rasakan pada orang PMS biasanya berupa sakit kepala, kram pada bagian perut. Dengan munculnya PMS ini yang membuat Wanita yang terkadang menjadi tidak sangat nyaman dan juga dapat mengganggu produktivitas. Lalu, bagaimana Wanita mengalami sindrom ini  yang lebih sering jika di bandingkan dengan Wanita yang lainnya. Wanita dengan tingkat stres yang sangat tinggi dan juga mood disorder lainnya, yang mempunyai kemungkinan dengan mengalami PMS yang lebih sering disertai dengan sebuah gejala yang lebih serius.

Terjadinya Gejala PMS Datang

Yang terjadi Ketika PMS yang di alami perempuan justru gejalanya berbeda-beda. ada juga yang berupa fisik , ada juga yang berupa emosional. Selain berbeda-beda pada setiap Wanita, kamu juga mungkin mengalami gejala yang berbeda pada setiap siklus menstruasi. Untuk sebuah gejala pada fisik yang sangat umum di alami yaitu perut kembung, kram pada perut, sakit kepala. sedangkan pada gejala emosional yang sangat umum yang terjadi antara lain yaitu merasa Lelah, bermasalah dengan jadwal tidur dan perubahan selera makan.

PMS Memperburuk Masalah Kesehatan

Dengan sebuah gejala yang terjadi pada saat PMS yang pada umumnya yang berlangsung dalam sebuah kadar yang sangat ringan dan juga tidak mempunyai dampak yang terlalu besar terhadap sebuah Kesehatan yang sebelumnya sudah di alami oleh orang tersebut. Beberapa masalah pada Kesehatan yang dapat menjadi semakin parah, depresi, gangguan kecemasan dan juga sakit kepala sebelah.

PMS Bisa Diredakan

PMS yang sering terjadi bukanlah sebuah penyakit yang dapat di sembuhkan dengan menggunakan obat. Oleh karena itu, ada sedikit cara untuk dapat kamu lakukan untuk meredakan gejalanya. Aerobik dan juga tidur dengan cukup juga sangat bisa mengurangi gejala PMS berupa depresi. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga kurangi kebiasaan merokok. Jika kamu merasa sangat setres pada masa PMS datang, mungkin kamu untuk mencoba dengan menuangkan dengan cara olahraga, curhat, melukis. Yang intinya, selalu untuk menjaga Kesehatan pada tubuh yang khususnya menjelang masa-masa PMS.

Mengonsumsi Suplemen Tambahan

Selama mengalami menstruasi, kamu juga perlu mengonsumsi nutrisi yang tertentu seperti Vitamin B dan D, Magnesium, dan lemak esensial. Yang menurut penelitian, omega 3 dapat mengurangi gejala emosional saat PMS yang termasuk depresi, kegugupan, kecemasan dan juga sulit konsentrasi.

Related posts