Cara Meningkatkan Brand Exposure Bisnis Anda

  • Whatsapp
Brand Exposure

Branding adalah suatu elemen penting yang harus dilakukan oleh setiap pemilik bisnis. Hal ini terutama sangat dibutuhkan bagi bisnis yang baru dimulai. Sebenarnya, branding adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan identitas atau karakter sebuah merk agar dikenal oleh konsumen. Semakin bagus usaha Anda maka semakin besar pula potensi produk Anda untuk menjadi terkesan di benak konsumen.

Pengertian Brand Exposure

Brand exposure adalah salah satu cara yang dilakukan dalam branding. Secara sederhana, brand exposure merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengiklankan produk yang anda tawarkan.

Tujuan dari brand exposure ini adalah untuk memperkenalkan produk anda pada masyarakat umum agar terbentuk brand awarness atau kesadaran masyarakat terhadap produk atau merk yang anda tawarkan.

Tahapan dalam brand awareness yakni:

  1. Brand recall, yakni konsumen bisa mengingat nama produk anda atau produk yang lain (contohnya bisa menyebut ciri logo atau kemasan).
  2. Top of mind awareness, yakni konsumen akan langsung ingat dengan merk produk anda ketika diberi trigger atau pernyataan lain mengenai kategori produk.
  3. Brand dominance, yakni konsumen hanya bisa mengingat satu merk pada kategori produk tertentu (contohnya menyebut produk “x” ketika yang dimaksud merupakan air mineral).

Cara Meningkatkan Brand Exposure

Pemasaran adalah upaya yang selalu dijalankan setiap pemilik usaha. Bagi pelaku bisnis kecil terutama yang baru memulai, ada beberapa cara untuk mengakselerasi perkembangan bisnis, yaitu :

  • Mengikuti event

Cara pertama untuk meningkatkan brand exposure adalah dengan mengikuti berbagai event misalnya bazar. Event tersebut umumnya akan dihadiri banyak orang yang menjadikan anda memiliki potensi untuk memperkenalkan produk anda secara langsung.

Pastinya anda juga perlu selektif dalam memilih acara apa yang cocok untuk dihadiri. Anda bisa memilih event yang sesuai dengan target market agar tetap sasaran.

Giatlah dalam mencari berbagai informasi terkait penyelenggaraan event, misalnya dengan bergabung dalam komunitas UMKM. Apabila memungkinkan, anda dapat menawarkan diri untuk berperan sebagai sponsor sebuah event untuk mendapatkan exposure yang kuat.

  • Memanfaatkan media sosial

Media sosial memungkinkan anda bisa menjangkau pasar dengan praktis dan lebih luas. Daripada menyebar brosur, teknologi ini akan lebih menghemat waktu, biaya dan energi.

Namun, tentu anda harus rutin melakukan promosi di medsos ini. Pelajari teknik pemasaran sesuai platform yang anda pilih agar lebih optimal.

Kehadiran anda di medsos juga menjadi cara untuk menambah engagement dengan pembeli. Melalui media ini, anda juga lebih mudah dalam melakukan riset produk sesuai dengan kelompok konsumen, menganalisis kompetitor dan juga berkomunikasi dengan konsumen.

  • Melakukan kolaborasi

Cara berikutnya yakni dengan melakukan kerja sama dengan brand lain yang anda anggap lebih besar. Brand yang lebih unggul memiliki market yang luas sehingga upaya brand exposure akan menjadi lebih cepat tercapai. Pastinya, anda harus cermat ketika memilih brand yang lain untuk dijadikan sebagai rekan kerja sama.

Kredibilitas brand kerjasama anda akan turut berpengaruh pada impresi konsumen terkait produk yang anda tawarkan. Disamping itu, pastikan bahwa kolaborasi yang dilakukan menjadi kerjasama yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk brand exposure. Upaya ini sangat penting untuk dilakukan bagi kemajuan bisnis anda terutama bagi anda yang masih memulai membuka bisnis baru. Untuk mendapatkan cara berbisnis sukses lainnya, bisa mengunjungi laman https://www.dolarhijau.com.

Related posts