Cara Merawat AC agar Tahan Lama

  • Whatsapp
Cara Merawat AC

Memasang Ac bisa membuat suhu ruangan di rumah atau tempat kerja anda menjadi terasa nyaman. Akan tetapi, merawat AC bagi sebagian orang adalah hal yang merepotkan. Maka dari itu, kami ingin berbagai tips mudah agar AC anda bisa dingin dan tetap tahan lama.

Mempunyai pengetahuan terkait cara merawat AC yang benar bukan hanya akan menyelamatkan anda dari beban biaya service saja, namun juga akan menghemat konsumsi listrik anda. Oleh karena itu, mari kita ikuti cara merawat AC agar tetap dingin dan nyaman dari Jasa Service AC Bintaro berikut ini :

  • Membersihkan kondensor

Apakah anda pernah membersihkan AC dalam ruangan namun lupa tidak membersihkan kondensor di luar ruangan? Jika anda tidak membersihkannya, maka debu dan kotoran bisa menyumbat sirip AC. Hal ini menyebabkan AC tidak bisa menyejukkan ruangan dengan maksimal.

Akan tetapi, jangan khawatir sebab untuk membersihkan kondensor ini cukup mudah. Anda hanya perlu memanfaatkan sikat lembut maupun vacum untuk membersihkan bagian sirip pendingin AC.

  • Memastikan ruangan tertutup dengan rapat

Hal penting yang perlu diperhatikan ketika mengatur suhu AC yakni ruangan harus ditutup dengan rapat. Maka dari itu, segala celah udara entah dari jendela atau pintu harus selalu diperhatikan.

Semakin banyak sudut yang terbuka di dalam ruangan yang anda nyalakan AC nya, maka semakin berat pula kerja AC anda. Apalagi dengan sirkulasi ruangan yang tidak bagus. Oleh sebab itu, Jasa Service AC Bintaro menyarankan untuk anda agar memastikan suhu dingin padaruangan tidak terbuang sia-sia karena kelalaian anda dalam mengatur ruangan.

  • Memeriksa evaporator

Evaporator merupakan komponen AC yang berfungsi untuk menyerap panas dari udara dalam ruangan. Salah satu ciri evaporator anda tidak berfungsi secara optimal yakni tidak ada udara dingin berhembus dari pendingin ruangan/ AC anda.

Jika masalah ini terjadi, maka anda perlu membersihkan evaporator menggunakan kain basah agar komponen tersebut bisa bekerja dengan optimal seperti semula.

  • Suhu khusus tidur

Sama halnya dengan proses pendinginan AC, ativitas tidur pun juga memerlukan proses. Maka dari itu, dianjurkan untuk anda bisa mengatur suhu AC sebelum anda terlelap.

Mayoritas orang akan merasa lebih nyaman saat tidur dengan suhu hangat. Jika demikian, maka anda bisa menaikkan suhu setidaknya 4° lebih tinggi dibandingkan suhu yang sering anda gunakan. Ini akan membuat anda merasa sejuk tanpa harus kedinginan.

Adapun bagi anda yang lebih nyaman untuk tidur dengan suhu dingin, maka anda bisa mengembalikan pengaturan suhu seperti biasanya saat siang hari. Ini semua tergantung denga preferensi masing-masing.

  • Memeriksa freon

Freon merupakan pendingin yang terdapat di unit AC anda. Kekurangan freon pada AC akan menyebabkan suhu dingin yang dihasilkan tida efisien. Jika AC anda sudah tidak terasa dingin, disarankan untuk segera menghubungi Jasa Service AC Bintaro untuk memeriksa sekaligus mengisi freon AC apabila diperlukan.

  • Mematikan AC jika tidak dibutuhkan

Saat anda ingin bepergian atau berlibur untuk waktu cukup lama, maka Jasa Service AC Bintaro menyarankan untuk mematikan AC sepenuhnya. Selain itu, anda juga bisa memutus sambungan listrik AC untuk mencegah konsumsi listrik ketika AC tidak dipakai.

Demikian beberapa tips yang bisa anda terapkan sebagai cara merawat AC agar tetap dingin dan tahan lama. Untuk memperoleh rekomendasi lebih lanjut terkait perawatan AC, anda bisa menghubungi Jasa Service AC Bintaro. Kami akan selalu siap untuk membantu menangani berbagai masalah mengenai perawatan AC.

Related posts