Berikut 5 Alternatif Mudah untuk Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Kecil

  • Whatsapp
Pinjaman Modal Usaha Kecil

Dalam kondisi ekonomi yang seperti sekarang ini memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak masyarakat yang merasakan kesulitan mendapatkan uang. Bahkan juga tak jarang diantaranya yang kehilangan pekerjaan hingga mengalami pemotongan gaji. Untuk bertahan hidup salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba mendapatkan pemasukan sampingan, mulai dari kerja sampingan sampai dengan mencoba bisnis kecil-kecilan. Hanya saja yang namanya bisnis sekecil apapun skalanya tetap membutuhkan modal yang besar untuk memulainya.

Jangan khawatir karena Anda bisa mengambil pinjaman dana cepat modal usaha kecil, produk pinjaman yang tentunya sudah sering Anda dengar karena banyak yang menawarkannya. Meskipun dikatakan sebagai hutang namun tidak perlu khawatir. Karena memang pada dasarnya hutang semacam ini adalah yang sifatnya produktif. Yaitu digunakan untuk kepentingan usaha, sehingga nantinya ada perputaran uang yang masuk secara jelas. Lumayan bukan nantinya dari uang yang didapatkan dari bisnis tersebut nantinya bisa Anda gunakan sebagai modal di dalam membayar cicilan bulanan rutin. Jika bisnis sukses maka keuntungan yang didapatkan juga semakin tinggi.

Berikut ini diantaranya ada beberapa alternatif mudah yang dapat Anda lakukan untuk bisa dapatkan pinjaman dengan tujuan modal bisnis atau usaha, yaitu:

  1. Kartu kredit, jangan salah ternyata kartu pembayaran Anda tersebut juga bisa dipakai untuk mendapatkan uang. Caranya sangatlah mudah yaitu dengan tarik tunai dari kartu kredit tersebut. Meskipun tidak dianjurkan karena bunganya relatif tinggi, namun tentunya lebih mudah bagi Anda yang tengah butuh pinjaman uang, karena tidak perlu repot-repot mengajukan ke berbagai lembaga keuangan. Cukup dengan mengandalkan kartu kredit Anda saja sudah cukup.
  2. KTA dari bank, produk yang begitu diminati oleh masyarakat karena memang untuk mendapatkan pinjaman ini tidak mewajibkan Anda untuk memiliki jaminan dalam bentuk apapun, sesuai dengan namanya yaitu Kredit Tanpa Agunan. Bahkan jika dilihat dari plafon pinjaman produk KTA ini tergolong besar yaitu sampai dengan angka ratusan juta rupiah.
  3. Gadai barang, Anda juga dapat mengajukan pinjaman dalam bentuk gadai, menggadaikan barang berharga yang dimiliki. Khusus untuk usaha modal kecil maka gadai BPKB motor saja sebenarnya sudah cukup untuk mendapatkan uang pinjaman tersebut. Gadai ini sendiri bisa Anda lakukan lewat berbagai lembaga keuangan, baik itu bank ataupun pegadaian.
  4. Koperasi, tentunya sudah tak asing dengan nama yang satu ini bukan, karena koperasi juga termasuk salah satu badan usaha yang menawarkan produk pinjaman uang kepada Anda. Memang jumlahnya tidak sebesar seperti ketika mengajukan pinjaman kepada bank. Namun cukup jika hanya digunakan untuk kebutuhan modal usaha, apalagi usaha kecil.
  5. Pinjam lewat fintech, produk pinjaman online nyatanya juga menjadi salah satu yang begitu marak ditawarkan belakangan ini. Pinjaman uang lewat fintech ini mudah sekali untuk dilakukan, karena tinggal menggunakan aplikasi dari lembaga penerbitnya saja, apply bisa dilakukan secara online dari aplikasi tersebut. Bahkan untuk nominal pinjaman yang ditawarkan juga relatif besar.

Setidaknya itulah 5 alternatif yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha kecil. Hendaknya buat perencanaan bisnis Anda secara matang terlebih dahulu, termasuk dari segi rincian biaya atau modal yang dibutuhkan. Sehingga Anda tahu berapakah jumlah pasti uang yang dibutuhkan atau diajukan dalam pinjaman ini. Jadi Anda tidak berlebihan dalam berhutang.

Related posts