Bagaimana Menulis Testimoni yang Kuat dan Menjual

  • Whatsapp
Menulis Testimoni

Testimoni adalah sebuah kesaksian yang dibuat oleh pembeli terhadap suatu barang atau jasa. Pengalaman yang dibagikan dalam testimoni sangat berguna sebagai bahan evaluasi penjual dan meningkatkan reputasi.

Untuk itu penulisan testimoni yang persuasif akan sangat berguna sebagai alat pemasaran dalam sebuah bisnis. Berikut cara menulis testimoni yang efektif untuk menarik minat pembaca:

  • Mendeskripsikan Masalah

Mulailah testimoni dengan sedikit informasi tentang diri Anda, seperti:

  • Tulis Perkenalan

Informasi pertama harus ada kesesuaian supaya testimoni lebih bermanfaat. Poin pentingnya, jelaskan keterkaitan yang relevan antara Anda dengan produk dan layanan yang akan disebutkan.

Jika menawarkan shampo untuk kucing, sebutkan diri Anda sebagai kapster kucing yang tersertifikasi.

  • Ceritakan Situasi Anda

Sebagai pembuka, deskripsikan masalah yang terjadi sebelum menggunakan produk dan jasa yang Anda tawarkan. Sebutkan fakta sebanyak mungkin secara spesifik dan singkat.

  • Sebutkan Alternatif yang Pernah Dicoba

Menulis alternatif sangat bermanfaat untuk memberitahu pembaca bagaimana Anda mencoba memecahkan masalah tersebut. Deskripsikan secara spesifik tentang produk atau layanan yang digunakan jika dirasa itu relevan.

  • Tulis Tantangan yang Dihadapi

Tulis tentang keraguan awal Anda terhadap kekurangan produk atau layanan sebagai objek testimoni. Seperti, “Awalnya saya ragu dengan X, tapi ketika ada yang menyarankan dan saya coba, saya menyesal tidak mencoba X dari awal.”

  • Mendemonstrasikan Keuntungan

Kemudian pindahkan fokus tulisan Anda kepada objek testimoni di paragraf berikutnya.

  • Jelaskan Proses Produk atau Layanan Dalam Menyelesaikan Masalah Anda

Informasikan secara spesifik bagaimana produk atau layanan tersebut membantu masalah Anda. Buat pendekatan kreatif saat membedakan dengan kompetitor dan tawarkan solusi yang dibuat khusus untuk menyelesaikan masalah Anda.

  • Masukkan Catatan Personal

Ciptakan tulisan yang antusias tentang kelebihan dari produk atau layanan yang Anda coba. Seperti, “Ini semua berkat kerjasama yang baik di antara anggota, tapi Dia yang lebih banyak bekerja.”

  • Gunakan Angka yang Spesifik untuk Menunjukkan Efek

Gunakan angka yang sesuai antara hasil dengan yang dipakai ketika mendeskripsikan masalah. Seperti, “Setelah menggunakan produk tersebut, pelanggan saya semakin meningkat dan selalu merasa puas.”

  • Deskripsikan Bagaimana Anda Mengatasi Tantangan

Setelah tantangan yang Anda hadapi pada bagian awal, ceritakan perasaan Anda sekarang. Bagaimana tantangan tersebut tidak sebanding dengan kesuksesan yang Anda peroleh berkat testimoni ini.

Contoh, “Sebelumnya saya pikir harganya terlalu mahal, tapi sekarang saya sadar, harga itu sebanding dengan hasil yang saya dapatkan.”

  • Menutup Testimoni

Buat kesimpulan dan persingkat point satu dan dua dalam paragraf ini.

  • Rangkum Pengalaman Anda

Tambahkan bagaimana kemudian Anda memutuskan untuk menulis testimoni ini. Sebagai contoh, ketika perusahaan shampo kucing meminta testimoni Anda tentang produk yang disediakan.

Katakan, “Ketika perusahaan X meminta testimoni tentang produk mereka, saya tidak berpikir dua kali untuk menerimanya.” Jelaskan juga bagaimana pelanggan Anda meningkat dan merasa puas setelah Anda menggunakan shampo tersebut.

  • Sebutkan Apakah Anda juga Merekomendasikan Produk atau Layanan tersebut Kepada Orang Lain

Ketika Anda membuat pernyataan tentang sebuah produk, sebaiknya gunakan kata-kata yang spesifik. Kata tersebut juga harus memiliki indikasi untuk mendorong orang lain supaya ikut menggunakannya.

Contoh, “Bagi para pecinta kucing, saya sangat merekomendasikan shampo ini untuk kucing kesayangan Anda.”

  • Tulis Dorongan untuk Bertindak

Testimoni dapat ditutup dengan rekomendasi atau dorongan supaya pembaca mencari produk yang Anda rekomendasikan. Sebagai contoh, “Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang shampo ini, Anda bisa konsultasikan dengan perusahaan X.”

Deskripsikan juga bagaimana pelayanan dari perusahaan X akan memudahkan kesulitan pembaca. Perlu diperhatikan juga bahwa sebuah ulasan atau review akan semakin memperkuat testimoni yang Anda buat.

Nah, di sini saungwriter.com dapat membantu Anda membuat review tentang suatu produk atau jasa. 

Related posts