Ketahui Berat Badan Ideal dan Kebutuhan Kalori Anda Dengan Bantuan Kalkulator IMT

  • Whatsapp
Kalkulator IMT

Apakah Anda pernah mendengar tentang kalkulator IMT atau BMI? Indeks massa tubuh merupakan metode penghitungan sederhana yang dapat memberikan informasi dasar tentang masalah berat badan. Angka ini dapat dijadikan sebagai tanda peringatan bahaya dan dapat menghindarkan orang dari penyakit kronis akibat kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan. Dengan alat ini, Anda dapat mengetahui cara menghitung berat badan ideal berdasarkan klasifikasi BMI.

  1. Formula untuk Menghitung BMI

BMI membandingkan berat dan tinggi badan. Ini dihitung dengan membagi berat badan (kg) dengan tinggi badan (meter persegi). Misalkan Anda memiliki berat 75 kilogram dan tinggi 1,65 m (165 cm). Indeks massa tubuh atau BMI Anda adalah:

BMI = 75 kg : (1,65^2) = 27,55.

Anda dapat melakukannya sendiri, atau Anda dapat menggunakan perhitungan BMI otomatis yang tersedia di berbagai situs web di Internet. Nah, setelah mengetahui angka-angka yang ditampilkan oleh perhitungan BMI, apa langkah selanjutnya?

  1. Kategori BMI

Data yang diperoleh BMI digunakan untuk mengukur berat badan berdasarkan kategori tertentu. Menurut statistik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, BMI dibagi menjadi lima kategori:

17.0 atau kurang, artinya kurus atau kekurangan berat badan tingkat berat. 17.0-18.4, artinya kurus atau kekurangan berat badan tingkat ringan. 18,5-25,0 artinya normal. 25.1-27.0, artinya gemuk atau kelebihan bobot tubuh tingkat ringan. Lebih dari 27, artinya gemuk atau kelebihan bobot badan tingkat berat.

Di Indonesia, berat badan ideal umumnya berkisar antara 20 dan 22, sementara pria menganggap BMI antara 23 dan 25 sebagai berat badan ideal. Semakin tinggi hasil perhitungan BMI maka semakin tinggi pula risiko terjadinya obesitas.

  1. Cara Mengisi Kalkulator IMT KlikDokter

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengetahui BMI dibutuhkan berat dan tinggi badan. Anda dapat mengukur kedua hal tersebut lebih dulu agar hasil kalkulasi lebih akurat. Kemudian masukkan identitas Anda, jenis kelamin, tinggi dan berat badan, serta aktivitas Anda. Klik “Cek Sekarang” dan Anda pun bisa langsung mengetahui kategori BMI Anda. Terdapat pula informasi tentang berapa berat badan yang ideal untuk Anda dan besarnya kebutuhan kalori Anda.

Nah, itu tadi beberapa informasi tentang kalkulator IMT. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Jika iya, Anda dapat mengunjungi laman klikdokter.com.

Related posts