5 Jenis Bahan Baju yang Menyerap Keringat

  • Whatsapp
Jenis Bahan Baju Menyerap Keringat

Meskipun Indonesia memiliki iklim yang tropis, namun rasanya musim kemarau beberapa tahun belakang jauh lebih panjang dibanding musim penghujan. Pada musim kemarau, suhu akan naik dan membuat tubuh mengeluarkan keringat.

Agar tubuh tetap nyaman, Anda wajib mempertimbangkan jenis bahan baju yang menyerap keringat. Selain membuat tubuh menjadi nyaman ketika meski tengah berkeringat, karakteristik ini juga bisa meminimalisir bau tidak sedap ketika kita banyak mengeluarkan keringat.

Selain itu, Anda juga bisa memilih desain yang simple dan tidak berlapis. Sebab, semakin tebal pakaian Anda, tentu tubuh akan menghasilkan keringat lebih banyak dan menyebabkan ketidak nyamanan.

5 Jenis Bahan Baju yang Menyerap Keringat

Lalu apa saja jenis bahan baju yang menyerap keringat dan cocok digunakan di musim panas? Berikut beberapa diantaranya.

  1. Bahan Katun

Katun masih menduduki puncak pertama sebagai bahan baju dengan kemampuan menyerap keringat terbaik. Bahan katun juga sering disebut sebagai bahan paling cocok untuk iklim di Indonesia, sehingga tak mengherankan jika konveksi di kota kota beberapa besar seperti konveksi Bandung banyak mengandalkan katun sebagai bahan produk terbaiknya.

  1. Bahan Linen

Karakteristik paling menonjol dari bahan linen yaitu, mampu memberikan efek sejuk saat dikenakan. Karena efeknya ini lah, banyak orang memilih menggunakan bahan ini karena mampu mengurangi keringat. Namun sayangnya, bahan linen merupakan bahan yang mudah kusut.

  1. Bahan Jersey

Sama seperti linen, jersey juga termasuk bahan yang dapat menghantarkan rasa dingin ketika dipakai. Bahan jersey umumnya dipakai sebagai bahan baju untuk berolahraga, sebab bahan jersey juga membantu mempermudah gerakan gerakan saat berolahraga karena bahan ini tergolong elastis.

  1. Bahan Rayon

Selanjutnya ada bahan rayon, kain yang mampu menghalau rasa panas serta menyerap keringat dengan baik. Bahan rayon juga disukai dikarenakan karakteristiknya yang jatuh, sehingga banyak dipilih untuk pembuatan gamis atau tunik dengan model A line.

  1. Bahan Sutera

Sutera merupakan bahan yang memiliki kesan halus, lembut serta mewah. Hal ini tampaknya sangat wajar, mengingat harga dari bahan pakaian satu ini tergolong sangat mahal.

Bahan sutera juga termasuk ke dalam bahan pakaian yang menyerap keringat dengan baik, dan ringan ketika dikenakan. Meski banyak digunakan untuk membuat pakaian mewah, sutera juga sangat mungkin dikenakan sebagai pakaian sehari-hari.

Nah, itulah kelima jenis bahan baju yang menyerap keringat. Jadi, apa pilihan Anda? Sebelum menjatuhkan pilihan, cobalah untuk mencari tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan, agar Anda makin mantap memilih.

Bahan-bahan di atas sangat mudah kita temukan di pasaran, namun cek detailnya sebelum membeli karena bahan bahan tersebut tidak memiliki kualitas yang sama.

Related posts