Tips Desain Rumah Mungil Supaya Tampak Lebih Luas

  • Whatsapp
Tips Desain Rumah Mungil Supaya Tampak Lebih Luas

Tahukah anda berapa harga tanah yang ada di perkotaan besar akhir-akhir ini? Tentunya sangat mahal bukan? Harga tanah memang selalu meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Terlebih tanah di kota selalu berkembang menjadi bangunan sehingga lahan yang tersedia sedikit. Banyak masyarakat yang mengatasi permasalahan terbatasnya lahan tanah ini dengan membeli lahan sempit dan menjadikan luas bangunan rumah mereka terbatas.

Tips Desain Rumah Mungil

Tidak salah memang membeli lahan sempit untuk membangun rumah yang mungil sesuai budget. Dengan desain rumah yang tepat maka ruangan yang ada di dalamnya masih bisa terlihat luas. Adapun beberapa tips untuk membuat rumah mungil terkesan lebih lapang antara lain :

  1. Memasang cermin di dinding

Pernahkan anda menemui sebuah restoran maupun pusat perbelanjaan yang memasang cermin di area dinding dalam ruangan mereka. Hal ini merupakan trik khusus untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

Anda dapat menerapkan trik jitu ini untuk hunian mungil anda. Semakin luas cermin yang anda pasang, maka rumah akan terkesan lebih luas. Tak jarang cermin dipasang dengan ukuran yang sama pada satu bidang dinding agar ruangan menjadi terhubung seperti pantulan.

  1. Memakai warna yang cerah

Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa pemilihan warna putih serta waran cerah yang lain bisa menjadikan ruangan menjadi terkesan luas. Hal ini karena pemilihan warna cerah mampu membuat interior di rumah anda menjadi lebih terang dengan pantulan cahaya yang lebih baik.

  1. Memilih perabotan rumah multifungsi

Tentunya anda pernah menemukan suatu perabotan yang multifungsi. Misalnya adalah tempat tidur yang bagian bawahnya dilengkapi dengan laci yang bisa dipakai untuk menyimpan barang.

Laci ini mampu menghemat ruangan anda untuk menggantikan fungsi lemari. Berbagai furiture multifungsi bisa meringkas ukuran dan jumlah perabotan yang ada di hunian mungil anda. Pilihlah furniture yang sesuai dengan selera dan kebutuhan anda.

  1. Memasang tirai dan jendela besar

Keberadaan jendela besar bisa menjadikan ruangan mungil anda terkesan lebih luas. Hal ini karena pemasangan jendela yang besar dengan menghadap luar ruangan akan memberikan rasa ruang seperti berlanjur keluar.

Disamping itu, jendela besar bisa menjadikan intensitas cahaya yang menuju ke rumah semakin banyak. Adapun pemakaian tirai besar bisa membantu dalam memberikan kesan bagian langit-langit menjadi lebih tinggi.

  1. Mengurangi pintu dan sekat

Apabila anda mempunyai lahan sempit, anda bisa mencoba untuk tidak memberikan sekat maupun batasan terlalu banyak antara satu ruang dengan ruang yang lain. Apabila sekat pada ruangan tidak terlalu banyak, maka rumah mungil anda akan terkesan lebih lapang dan luas.

Atau apabila rumah anda tetap memerlukan sekat, anda bisa memakai partisi dengan lubang atau celah sehingga tetap memiliki kesinambungan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya.

  1. Desain plafon dengan tepat

Desain langit-langit atau plafon rumah juga menentukan kesan luas sebuah ruangan. Anda bisa mencoba membuat jarak di antara langit-langit dan lantai setinggi mungkin. Hal ini akan menjadikan ruangan anda terkesan lebih lapang. Seperti halnya dinding, pemakaian warna putih maupun warna cerah yang lain di langit-langit rumah bisa memberikan kesan ruangan lebih luas.

Demikian beberapa tips mendesain rumah mungil menjadi terkesan luas. Anda bisa menghubungi jasa desain rumah untuk memperoleh inspirasi desain rumah terbaik sesuai keinginan dan kebutuhan keluarga tercinta anda.

Related posts