Skin Barrier Sudah Rusak? Yuk, Perbaiki dengan Tips Kecantikan Berikut Ini!

  • Whatsapp
Skin Barrier

Tips kecantikan – Kesal karena sudah menggunakan beragam produk skincare namun permasalahan kulit masih saja muncul? Hal ini memang sering dialami oleh sebagian besar orang terutama untuk para kaum perempuan. Nah, bagi anda yang memang sedang mengalami hal tersebut, maka sebaiknya anda perbaiki terlebih dahulu skin barrier. Yup! Skin barrier adalah bagian terluar dari tubuh yang berfungsi untuk melindungi kulit dari bahaya ekstrnal serta menampung 60% kelembabpan dalam tubuh.

Jika skin barrier rusak, maka kulit wajah anda akan lebih sensitif serta mudah irtasi. Penyebab skin barrier rusakpun tentu terjadi karena beberapa faktor seperti bertambahnya usia, cuaca hingga penggunaan skincare yang tidak tepat. Dikarenakan fungsinya yang angat penting maka anda perlu menjaga lapisan pelindung tersebut sedini mungkin. Lalu, bagaimana jika skin barrier sudah terlanjur rusak? Simak tipsnya berikut ini!

Berikut Tips Kecantikan, Cara Mudah Mengembalikan Skin Barrier yang Rusak

Skin barrier menjadi benteng utama pada kulit dimana fungsinya yaitu untuk melindungi tubuh dari segala macam racun serta patogen yang ada disekitar kita. Dalam setiap harinya, terdapat beberapa hal yang memicu kerusakan skin barrier. Pemincunya sendiri tentu bukan hanya dari eksternal saja namun juga internal. Lalu, bagaimana cara mengembalikan skin barrier yang rusak? Berikut beberapa tipsnya:

  1. Meminimalisir Penggunaan Skincare

Menggunakan terlalu banyak produk memang belum tentu bisa membuat kondisi kulit anda semakin membaik, lho. Justru jika anda menambahkan produk yang tidak dibutuhkan kulit wajah, maka skin barrier anda akan lebih mudah rusak.

Jadi, langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan skin barrier yang rusak yaitu dengan meminimalisir penggunaan skincare. Hindari penggunaan produk kecantikan yang mengandung alkohol, SLS, astrigents , salicylic acid dan witch hazel karena hal ini bisa menghilangkan sebum alami di kulit dan bisa menyebabkan skin barrier menjadi lebih sensitif.

  1. Fokus Untuk Menggunakan Produk Pelembab

Kulit yang lembab serta terhindrasi merupakan salah satu kunci untuk memperbaiki skin barrier. Untuk itu maka tentu saja anda perlu menggunakan skincare yang berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit. Pilihlah produk kecantikan yang mengandung niacinamide, sunflower oil, hyaluronic acid dan linoleic acid.

  1. Hentikan Penggunaan Eksfoliator

Setelah mengeksfoliasi kulita wajah, sudah pasti anda akan merasakan kulit yang lebih lembut serta cerah. Ya, pada dasarnya eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Hanya saja jika skin barrier sudah rusak maka ada baiknya jika anda menghentikan penggunakan eksfoliator. Hal tersebut karena eksfoliasi akan membuat kulit wajah anda lebih sensitif, tips serta bisa berpotensi menimbulkan permasalahan kulit lainnya.

  1. Pilihlah Skincare Yang Mengandung Antioksidan

Faktor eksternal seperti debu, sinar matahari serta kotoran juga menjadi salah satu penyebab rusaknya skin barrier. Untuk itu, maka anda membutuhkan perawatan yang tinggi kaya akan kandungan antioksidan seperti skincare skincare yang mengandung vitamin E, A, C hingga green tea.

  1. Perbaiki Pola Hidup

Tidak hanya perawatan di luar saja, untuk memperbaiki skin barrier yang rusak anda juga membutuhkan perawatan dari dalam. Untuk itu ubahlah pola hidup anda menjadi lebih seimbang seperti mengkonsumsi makanan sehat serta rutin berolahraga. Tak hanya itu saja, anda juga harus selalu berpikir positif karena jiwa yang happy akan menghasilkan raga yang sehat.

Nah itulah sekilas tentang tips kecantikan, cara mudah mengembalikan atau memperbaiki skin barrier yang rusak. Jika anda benar-benar niat dari hati untuk memperbaikinya maka hal diatas tentu saja akan mudah dilakukan. Selamat mencoba dan jagalah skin barrier anda sedini mungkin!

Related posts