Membuat Website dengan WordPress Menggunakan WordPress Hosting

  • Whatsapp
Membuat Website dengan WordPress Menggunakan WordPress Hosting

WordPress merupakan layanan blog yang paling digemari karena memang di sana menyediakan banyak fitur yang memberikan kemudahan untuk penggunanya. Kemudahan tersebut menarik banyak pengguna pemula ingin membuat website dengan WordPress.

Cara Membuat Blog di WordPress Bagi Pemula

  1. Menentukan Jenis Website

Cara membuat blog di WordPress bagi pemula telah banyak disediakan tutorialnya. Langkah pertama yang harus disiapkan untuk membuat website dengan WordPress adalah menentukan jenis website yang akan dipilih.

Jenis website ini maksudnya adalah apakah website akan dibuat sebagai blog, situs e-commerce, atau profil perusahaan. Setelah menentukan jenis, langkah membuat website dengan WordPress adalah menentukan niche atau tema utama untuk website.

Niche ini kemudian akan menjadi panduan untuk membuat nama domain dan kemudian nanti konten atau isi untuk web yang akan diisi. Jenis dan niche yang dipilih ini kemudian akan membuat ‘arah’ bagi pemilik web untuk menentukan segmen pembaca yang akan dijadikan sasaran pembaca atau pengguna.

  1. Menentukan Nama Domain

Langkah kedua yang harus disiapkan cara membuat blog di WordPress bagi pemula adalah menentukan nama domain. Seperti penjelasan di atas, jenis website, niche, dan target pembaca dapat dipakai untuk membuat nama domain. Membuat nama domain yang mudah diingat akan memancing banyak pengunjung mendatangi website yang dibuat.

Ibarat sebuah nama, domain ini sangat penting sebagai citra dari website itu sendiri. Untuk mempermudah pengguna yang masih pemula, cara yang dapat dicoba adalah membuat sebuah email dan domain yang mudah diingat.

Bila masih belum yakin dengan konsep website dan nama domain yang akan dibuat, sekarang sudah banyak konten di YouTube atau di Google yang memuat tips membuat website gratis. Hanya dengan mengetikkan keyword membuat website gratis di kolom pencarian atau search, dalam hitungan detik akan tersaji pilihan tipsnya.

Pelajari tipsnya dan langsung praktikkan. Dengan mengikuti detail tips yang mereka sampaikan, membuat website gratis bukan hal sulit untuk dikerjakan. Dalam mencari tips serta tutorial tersebut tidak jarang nanti akan menemukan panduan membuat website dengan WordPress. Dengan mengikuti setiap langkah dalam tutorial membuat website dengan WordPress, setidaknya dua langkah awal untuk mengkreasi website telah dipahami satu langkah lagi.

Akan tetapi, jangan lupa dengan tujuan awal tadi. Bahwa mengikuti tutorial belajar membuat website gratis hanyalah sebagai batu loncatan awal untuk memahami langkah membuat website.

  1. Mencari Layanan Hosting

Setelah berlatih itu, kita perlu mencari layanan hosting yang menyediakan hosting dengan harga terjangkau serta sesuai kebutuhan kita. Membuat website dengan WordPress dapat digabungkan dengan berbagai layanan yang telah disediakan beragam penyedia jasa hosting.

Langkah berikutnya untuk membuat website dengan WordPress adalah memilih web hosting yang sesuai dengan kebutuhan. Hosting untuk sebuah website itu ibarat tanah untuk rumah yang akan dibangun.

Akan sangat disayangkan apabila telah membuat bangunan rumah yang bagus dengan ‘isian’ rumah yang indah ternyata harus ‘digusur’ oleh pemilik tanah.Misalnya bila websitenya akan berisi gambar dan video, akan membutuhkan hosting yang relatif besar.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih hosting yang sesuai kebutuhan adalah apakah uptimenya tinggi, apakah hosting yang dipilih mempunyai customer support yang siap membantu setiap waktu, apakah hosting yang dipakai termasuk mudah digunakan (user friendly), dan harga. Salah satu pilihan untuk memilih hosting adalah menggunakan WordPress hosting.

WordPress hosting memiliki banyak kelebihan yang dapat dipertimbangkan untuk dipilih. Kelebihan WordPress hosting antara lain adalah kecepatan aksesnya, keamanan yang terjamin, update yang otomatis, back-up yang rutin menjadikan pilihan tepat pemilik website yang masih pemula. Hal ini menjadikan WordPress hosting banyak digemari dan dijadikan pilihan.

Pemula yang tidak mau dipusingkan dengan urusan teknis dan non-teknis dapat memilih WordPress hosting ini. Sehingga, urusan hosting akan dikelola oleh tim ahli, dan pemilik website hanya cukup perlu memikirkan isi atau konten yang akan disajikan di dalam websitenya.

Membuat website dengan WordPress dan memilih WordPress hosting sebagai ‘lahannya’ adalah pilihan yang sangat tepat. Kini, memiliki website semudah menjentikkan tangan.

Related posts