Jenis Burung Langka Yang masih Hidup di Indonesia

  • Whatsapp
Merak Hijau

Hai sobat Dunia Burung, kali ini saya akan memberikan informasi tentang jenis burung langka yang masih hidup di Indonesia. Burung-burung ini memiliki populasi yang sedikit karena habitatnya yang telah rusak dan di habisi oleh pemburu-pemburu burung yang tidak bertanggung jawab, sehingga membuat burung-burung ini di sebut burung langka.

Ada beberapa jenis burung yang terdaftar ke dalam hewan-hewan langka yang semakin bertambah jumlahnya. Menurut laporan dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) yang melakukan Analisa pada tahun 2013 lalu, sekarang sudah terdapat sekitar 21.286 jenis hewan di dunia yang akan terancam punah. Dan sebanyak 1.206 jenis hewan dari semua total tersebut merupakan hewan yang terancam punah di Indonesia.

Yaps! Itulah jumlah keseluruhan hewan yang terancam punah di Indonesia dan mungkin sekarang jumlahnya sudah semakin bertambah. Dari jumlah hewan yang terancam punah sekitar 1.206 terdapat 121 jenis burung di Indonesia yang sekarang mengalami ancaman kepunahan tersebut.

Hal ini dapat di sebabkan karena banyaknya burung-burung yang di tangkap dan kemudian di seludupkan yang nantinya akan di jual ke luar negeri serta ancaman kepunahan juga terjadi akibat kerusakan habitat dari burung tersebut di hutan, hutan sebagai habitat dari burung-burung tersebut di tebang secara brutal dan penggundulan hutan dengan cara membakar hutan tersebut, maka dari itu beberapa jenis burung di Indonesia menjadi langka karena populasinya berkurang.

Apakah nantinya jika populasi burung-burung di Indonesia telah habis, itu akan mengakibatkan kerusakan ekosistem lingkungan? Hal ini bisa saja terjadi, akan tetapi kita masih bisa melestarikan populasi dan mencegah kepunahan burung-burung di Indonesia, dengan cara melakukan konservasi burung, ternak burung, dan pengakaran burung. Untuk itu, mulai sekarang sebaiknya kamu tidak menangkap burung-burung dari alam liar.

Baiknya kita, mulai melestarikan burung-burung yang hampir punah di Indonesia dengan cara berternak burung. Selain bisa melestarikan dan meningkatkan jumlah populasi burung, kita juga bisa mendapat penghasilan tambahan.

Berikut burung-burung yang langka di Indonesia yang saat ini telah di ambang kepunahan:

  1. Jalak Bali

Jalak Bali

Nama lain dari burung jalak Bali adalah Leucopsar Rothschildi yang merupakan burung endemic dari pulau Bali dan telah di nobatkan menjadi lambang fauna provinsi Bali.

  1. Maleo Senkawor

Maleo Senkawor

Maleo Senkawor atau nama latinnya Macrocephalon Maleo adalah satu-satunya burung yang jumlahnya kurang dari 10.000 ekor yang tercatat dalam genus tunggal Macrocephalon.

  1. Elang Jawa

Elang Jawa

Elang Jawa atau nama latinya Spizaetus Bartelsi merupakan burung asli dari Jawa dan telah di tetapkan sebagai maskot langka di Indonesia sejak tahun 1992.

  1. Merak Hijau

Merak Hijau

Burung ini di evaluasi sebagai rentan di dama IUCN Red List.

  1. Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan

Burung Kuau Kerdil Kalimantan dengan nama latin Polypectron Schleiermacheri merupakan burung yang memiliki statis konservasi atau terancam punah oleh IUCN Red List

  1. Kakaktua kecil Jambul Kuning

Kakaktua kecil Jambul Kuning

Burung ini telah di evoluasi oleh IUCN Red List sebagai burung kritis yang hampir punah.

  1. Kasuari Gelambir Ganda

Kasuari Gelambir Ganda

Burung ini adalah jenis burung yang juga telah di evaluasi oleh IUCN Red List sebagai burung rentan dengan kepunahan.

Itulah di atas jenis burung yang langka yang hampir punah di Indonesia. Untuk kalian sobat dunia burung, yuk sama-sama untuk menjaga ekosistem dan populasi burung yang hampir punah di atas agar nantinya anak cucu kita bisa menikmati dan bisa belajar mengenal burung secara langsung.