Inilah Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Benar dan Tepat

  • Whatsapp
Cara Menghitung Usia Kehamilan

Ketika seorang bunda sudah mulai hamil tentu belum diketahui berapa usia kehamilan tersebut. Sehingga perlu adanya cara dalam menghitung usia kehamilan hingga benar-benar sesuai. Sebab, banyak orang menghitung usia kehamilan ini berdasarkan tahun hijriah ataupun masehi.

Menghitung usia kehamilan ini menjadi penting karena untuk menentukan hari lahir sang buah hati. Dengan ini tentu bunda bisa mempersiapkan berbagai keperluan bayi ketika buah hatinya akan lahir ke dunia.

Hari Terakhir Haid

Cara pertama yang perlu dilakukan adalah berdasarkan hari bunda terakhir mengalami datang bulan. Cara seperti ini tergolong paling sederhana dan mudah serta tanpa biaya apapun. Dengan adanya analisa ini diasumsikan pembuahan di dalam rahim bunda terjadi di hari ke-14.

Untuk proses perhitungannya dengan cara seperti ini, misalnya bunda terakhir had pada 23 Maret 2021. Dengan ini perhitungannya adalah bulan maret ditambah 9 bulan, sehingga proses melahirkan terjadi pada tanggal 23 Desember 2021.

Cara menghitung usia kehamilan seperti ini pada intinya dari terakhir bunda haid itu ditambah 9 bulan. Tentu setiap orang bisa menghitung dengan cara ini dan juga ketika kebingungan bisa menggunakan kalkulator sebagai alat bantunya.

Hasil USG

Selain dari hasil terakhir haid, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah datang ke dokter untuk melihat hasilnya atau sering dikenal dengan hasil USG. Untuk memeriksa kandungan ini tentu tidak boleh datang ke sembarang dokter tetapi datanglah yang khusus kandungan. Sebab, hanya dokter tersebut yang mampu membaca hasil USG pada kandungan kamu.

Dengan USG ini tidak hanya membaca usia kehamilan tetapi juga melihat perkembangan janin yang ada di dalamnya. Tentu, cara ini sangat membantu kamu untuk melihat kondisi bayi di dalam kandungan. Cara ini memang berbayar dan tidak gratis tetapi hasilnya sangat maksimal karena mampu mengetahui perkembangan janin.

Itulah beberapa cara untuk menghitung usia kehamilan bagi cabang bayi di dalam kandungan. Memang untuk hasil maksimal adalah dengan cara memeriksa ke dokter kandungan agar sekalian bisa melihat perkembangan bayi.

Related posts