Inilah Beragam Khasiat Daun Katuk untuk Wanita Hamil dan Menyusui

  • Whatsapp
Inilah Beragam Khasiat Daun Katuk untuk Wanita Hamil dan Menyusui

Daun katuk termasuk salah satu jenis sayuran yang nyatanya mudah sekali dijumpai di sekitar kita. Umumnya ia banyak digunakan sebagai sayur untuk dikonsumsi, entah itu untuk lalapan maupun juga dibuat aneka hidangan yang lainnya. mengingat dari segi rasanya sendiri tidak kalah enak dibandingkan dengan sayuran yang lain. Ditambah dengan khasiat daun katuk yang begitu banyak, sehingga bagus untuk kesehatan. Umumnya ada banyak juga diantara suplemen atau obat herbal yang banyak dijual di pasaran menggunakan ekstrak daun katuk ini sebagai bahan utamanya.

Tentunya satu manfaat yang sudah tidak asing lagi di telinga Anda terkait dengan daun katuk ini adalah bahwa ia bagus untuk wanita yang sedang menyusui, mengingat memang senyawa yang terkandung didalamnya dapat membantu meningkatkan produksi asi. Sehingga asi nantinya bisa semakin lancar. Daun katuk ini pada dasarnya memang memberikan manfaat bagi semua kalangan, mulai dari wanita sampai dengan pria, tua maupun muda.

Namun berikut ini khasiat daun katuk untuk ibu hamil dan juga menyusui yang agaknya patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Membantu untuk menjaga kesehatan mata, faktanya vitamin A yang terkandung di dalam dedaunan yang satu ini memang terbilang cukup tinggi. Hal tersebut sangat bagus di dalam menjaga kesehatan mata Anda, membuat penglihatan jadi lebih tajam. Baik itu selama masa kehamilan sampai dengan setelah melahirkan nanti. Karena memang permasalahan pada penglihatan juga kerap kali dialami oleh wanita yang sedang hamil.
  2. Mampu untuk menjaga metabolisme tubuh, kandungan vitamin B yang tinggi dalam daun katuk bantu untuk menjaga metabolisme agar tetap normal. Apalagi bumil kerap kali mengeluhkan bahwa berat badan mereka mengalami peningkatan secara drastis selama masa kehamilan tersebut, bahkan setelah melahirkan juga tak kunjung turun, justru semakin menjadi-jadi pada saat menyusui. Namun dengan mengonsumsi daun katuk ini pastinya bagus dalam menjaga metabolisme tubuh Anda.
  3. Mencegah penyakit influenza, bisa dikatakan bahwa gangguan kesehatan yang satu ini memang kerap kali menyerang orang-orang dengan daya tahan tubuh lemah. Apalagi wanita hamil yang memang secara otomatis kekebalan tubuhnya akan turun pada fase tersebut, tentunya akan membahayakan bagi kandungan. Namun tak perlu khawatir karena dengan konsumsi daun katuk juga bagus meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga bisa terhindar dari influenza.
  4. Memperlancar produksi asi, senyawa yang ada pada daun katuk mampu meningkatkan produksi hormon oksitosin yang mampu untuk meningkatkan produksi asi. Jadi nantinya Anda bisa memberikan asi eksklusif kepada buah hati. Tentunya jauh lebih bergizi dibandingkan dengan pemberian susu formula, apalagi di bulan-bulan pertama kelahiran.
  5. Dapat mendetoksifikasi tubuh, kandungan klorofil yang ada pada daun katuk ini juga sangat bagus untuk membantu jaringan tubuh dalam membersihkan racun-racun yang ada didalamnya. Terutama adalah ibu yang sedang menyusui.
  6. Memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh, zat besi yang ada dalam daun katuk mampu untuk mengikat oksigen dan juga mengedarkannya ke berbagai sel yang ada dalam tubuh. Sehingga kandungan juga akan terhindar dari resiko kekurangan oksigen.

Tak perlu repot-repot mengolahnya untuk merasakan khasiat daun katuk ini, karena sekarang ini Anda bisa mendapatkan yang lebih praktis, diantaranya adalah dengan mengonsumsi ekstrak daun katuk dari Herbana. Jangan salah karena memang produknya terbuat 100 persen dari daun katuk asli.

Related posts