Strategi Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

  • Whatsapp
Strategi Pemasaran

Pemasaran atau yang biasa juga disebut dengan marketing dan promosi adalah langkah yang dilakukan oleh perusahaan atau perorangan untuk mengenalkan produk mereka. Pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, kapan saja dan dimana saja. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar mendapatkan hasil yang efektif dan tepat guna.

Strategi adalah langkah pendekatan dari seseorang atau badan usaha yang dilakukan setelah mendapatkan ide yang muncul dalam pikirannya. Strategi bisa dikatakan sebagai proses penentu dari sebuah rencana. Melalui strategi yang dilakukan dengan tepat, akan membuahkan hasil yang optimal.

Pengertian Strategi Pemasaran

Dari kedua penjelasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran adalah langkah atau upaya dari rangkaian perencanaan yang telah dibuat untuk mengenalkan produk dengan menggunakan pola atau taktik tertentu. Strategi yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk tidak boleh sembarangan. Anda harus tahu apa yang akan dilakukan dan siapa saja target yang dituju.

Strategi pemasaran merupakan faktor penting dalam kegiatan ekonomi untuk mendongkrak popularitas dan meningkatkan penjualan. Tentu saja berlaku bagi pelaku usaha atau produsen suatu barang maupun jasa. Selain pengertian diatas, ada beberapa pengertian lain dari strategi pemasaran menurut para ahli.

· Kotler dan Amstrong

Menurut  mereka, strategi pemasaran adalah logika yang digunakan untuk menciptakan nilai suatu barang demi memperoleh laba dari calon konsumen.

· Kurtz

Beda lagi menurut Kurtz yang mempunyai arti sebuah program yang terencana untuk menentukan target konsumen demi memberikan apa yang mereka inginkan. Ada empat hal yang mendasar dari pendapat Kurtz, yaitu barang, pemasaran, penyaluran barang dan harga.

· Philip Kotler

Philip Kotler memiliki pengertian yang lebih rinci. Menurutnya, strategi pemasaran adalah mindset yang digunakan untuk tujuan memasarkan sebuah jasa atau produk. Didalamnya harus ada strategi yang jelas, siapa targetnya, dimana posisinya dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk pemasaran tersebut.

· Fandy Tjiptono

Menurut Fandy Tjiptono yang merupakan dosen School of Business ini, pengertian strategi pemasaran adalah seni atau ilmu yang dirancang untuk memasuki pasar produksi  dalam mencapai tujuan badan usaha. Ilmu yang digunakan harus mempunyai kelebihan agar dapat bersaing dengan kompetitor yang ada.

· William J. Stanton

Menurutnya, strategi pemasaran adalah semua sistem yang digunakan untuk kegiatan bisnis. Mulai dari membuat rencana, menentukan harga, memasarkan dan juga menyalurkan barang atau jasa tersebut.

Tujuan Strategi Pemasaran

Dari semua pengertian yang sudah dijelaskan, maka dapat diambil kesimpulan dari tujuan strategi pemasaran adalah sebagai berikut.

  • Mengenalkan produk, baik berupa barang maupun jasa kepada target yang masih awam dengan tujuan agar dibeli. Cara mengenalkan produk bisa memakai layanan SMS gateway murah dengan harga yang variatif, namun umumnya sangat terjangkau.
  • Meningkatkan penjualan dan menarik konsumen agar menjadi pelanggan tetap.
  • Membangun reputasi perusahaan agar mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
  • Meningkatkan brand agar mudah diingat dan diketahui banyak orang.
  • Membangun komunikasi dan koordinasi antar tim pemasaran.
  • Memastikan target pasar yang akan dimasuki agar penjualan lebih efisien.

Dari pengertian dan tujuan strategi pemasaran diatas, diharapkan anda sudah memiliki gambaran yang jelas. Agar mendapatkan hasil yang efektif, anda harus menentukan konsep terlebih dahulu. Siapa target utama, dimana posisi mereka dan apa yang mereka minati. Jangan lupa juga untuk membaca setiap langkah dari kompetitor. Bersaing memang tidak menyenangkan, namun anda harus mencari titik lemah dari saingan tersebut agar produk anda mempunyai keunggulan khusus yang tidak dimiliki kompetitor.

Related posts