Kenali Penyebab dan Diagnosis Kolesterol Tinggi Bersama SehatQ.com

  • Whatsapp
Kolesterol

Kolesterol merupakan zat berlilin yang ada pada lipid atau lemak dalam darah, yang dibutuhkan oleh tubuh guna memproduksi hormon, melindungi saraf serta membentuk sel baru. Di SehatQ Sendiri banyak informasi terkait kolesterol ini.

Biasanya kolesterol diproduksi oleh hati dan ditemukan dalam beberapa makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Ada dua jenis kolesterol yaitu HDL atau kolesterol baik dan LDL atau kolesterol jahat. HDL berfungsi untuk menghilangkan atau menguraikan kelebihan kolesterol LDL, sedangkan LDL membawa kolesterol ke dalam sel yang membutuhkan.

Jika kolesterol LDL terlalu banyak, maka dapat menumpuk di dinding arteri, sehingga arteri menjadi sempit dan keras, serta menyebabkan kolesterol tinggi. Kondisi tersebut tentu sangat berbahaya, di mana jantung kehilangan cakupan darah yang kaya oksigen sehingga dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Jika sudah seperti itu, Anda membutuhkan tindakan medis dari dokter segera.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh, untuk mencegah penyakit ini Anda harus melakukan pola hidup sehat dan tidak melakukan hal yang menyebabkan kolesterol. Alangkah baiknya jika Anda mengetahui penyebab kolesterol tinggi, di antaranya sebagai berikut:

  • Pola makan tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi lemak jenuh yang ada dalam produk hewani serta lemak trans yang ada pada kue kering. mengkonsumsi makanan tinggi kolesterol juga dapat menyebabkan penyakit kolesterol, oleh sebab itu Anda harus pintar memilih makanan sehat dan jauhkan makanan yang mengandung lemak tinggi.
  • Merokok, bisa menurunkan tingkat kolesterol baik serta merusak dinding pembuluh darah. Alangkah baiknya jika Anda mengurangi atau berhenti merokok.
  • Kurang berolahraga, bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat, sehingga Anda harus rajin berolahraga.
  • Obesitas atau kelebihan berat badan, bisa menyebabkan tingginya kolesterol jahat serta kurangnya tingkat kolesterol baik.
  • Konsumsi alkohol dengan kadar tinggi meningkatkan kolesterol.
  • Kondisi bawaan, misalnya, seseorang yang mempunyai tekanan darah tinggi serta diabetes sering terkena kolesterol tingg.
  • Beberapa kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, seperti penyakit hati, penyakit ginjal
  • Riwayat keluarga yang terkena penyakit jantung koroner atau stroke dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi dan serangan jantung maupun stroke. Kondisi yang berhubungan dengan kolesterol atau dalam istilah medisnya familial hypercholesterolaemia ini disebabkan oleh perubahan gen dari orang tua.
  • Usia, semakin bertambah usia seseorang semakin besar penyempitan pembuluh darah dan risiko terkena kolesterol tinggi
  • Jenis kelamin, laki-laki lebih lawan mendapatkan serangan jantung dibandingkan perempuan akibat kolesterol tinggi.

Diagnosis Kolesterol

Kolesterol tinggi tidak mempunyai gejala, sehingga untuk mendeteksinya Anda harus melakukan tes darah. Bersama SehatQ, Anda dapat mengetahui nilai normalnya seperti berikut:

  • Total kolesterol di bawah 200 mg/dl
  • Kolesterol baik atau HDL yaitu 60 mg/dL atau lebih tinggi
  • Kolesterol jahat atau LDL di bawah 100 mg/dL
  • Trigliserida kurang dari 150 mg/dL

Tindakan medis untuk melakukan tes darah yaitu Anda harus berpuasa selama 10-12 jam sebelum sampel darah diambil. Setelah itu, dokter akan memberitahu hasil yang didapat, Apakah Anda beresiko tinggi, sedang atau rendah terkena stroke atau jantung. Hasil perhitungan bukan hanya dari hasil kolesterol, tetapi faktor resiko, seperti faktor usia, jenis kelamin, diabetes, tekanan darah tinggi dan riwayat keluarga.

Jika Anda sudah melakukan tes darah dan hasilnya tidak pada kisaran angka yang normal, ditambah Anda mempunyai riwayat penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan risiko lainnya Anda harus menemui dokter. Anda dapat bertanya atau berdiskusi dengan dokter mulai dari pola hidup yang dilakukan, vitamin yang Anda konsumsi dan lainnya. Dokter akan melakukan tindakan medis yang tepat untuk penyembuhan Anda.

Itulah beberapa hal mengenai kolesterol mulai dari penyebab hingga diagnosis kolesterol. Untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan lainnya, Anda dapat berkunjung ke situs sehatQ.com. SehatQ merupakan platform kesehatan yang menyajikan informasi kesehatan dan fitur lainnya seperti tanya dokter, cari rumah sakit, toko kesehatan dan kecantikan, dan lainnya.

Related posts