Inilah Beberapa Destinasi Wisata Kuliner di Indonesia Terbaik

  • Whatsapp

Satu hal yang pasti selalu sobat tiket lakukan ketika liburan, tentunya mencicipi beragam kuliner-kuliner lezat yang ada di destinasi wisata. Selain soal keindahan alam dan budaya, memuaskan lidah dan perut memang wajib jadi prioritas.

Pastinya, setiap daerah memiliki makanan khasnya sendiri. Nah, buat kamu yang akan berlibur, perlu nih baca artikel ini sampai habis. Ada banyak rekomendasi makanan, restoran terbaik, hingga oleh-oleh khas dari beberapa kota di Indonesia yang sering jadi tujuan liburan. wisata kuliner indonesia bakal membuatmu nggak bisa berhenti mengunyah. Kuy kepoin dan bayangkan kelezatannya sekarang juga.

1. Medan, Jangan Lupa Makan Durian Sepuasnya

Kota destinasi wisata kuliner Indonesia pertama yang akan kita bahas adalah Medan. Bagi sobat tiket yang berasal dari kota ini, pasti nggak asing dengan makanan seperti mie gomak yang biasa disajikan bersama kuah lontong atau dengan bumbu kacang.

Selain itu, Medan juga terkenal dengan lontong medan. Makanan ini biasanya disantap untuk sarapan. Ada lontong, mie, tauco, kuah sayur, bumbu kacang, dan kerupuk. Tambah tinggi protein dengan telur atau ayam.

Ada juga bihun bebek yang cuma ada di Medan. Yang unik dari hidangan ini adalah kuahnya yang berasal dari kaldu daging dan tulang bebek. Dilengkapi dengan bihun, suwiran bebek rebus, sawi, dan bawang putih cincang, bihun bebek jadi pilihan oke untuk sarapan yang mengenyangkan.

2. Surabaya, Mencicipi Gurihnya Sate Klopo & Oleh-oleh Sambal Ulek

Kota Surabaya menyimpan banyak kuliner legendaris yang wajib dicoba. Salah satu makanan khasnya adalah sate klopo. Bedanya sate klopo dengan sate pada umumnya adalah penggunaan bumbu kelapa parut saat pembakaran sate serta tambahan serundeng kelapa sebagai pelengkapnya.

Kamu bisa langsung mengunjungi Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang berlokasi di daerah Genteng Surabaya. Saran tiket.com sih, sebaiknya kamu mencari tempat duduk terlebih dahulu ya sebelum memesan. Sebab, tempat makan ini jarang sepi pengunjung.

3. Bandung, Surganya Jajanan Aci

Kota Bandung menjadi salah satu kota destinasi wisata yang punya banyak jajanan khas yang enak dan juga kreatif banget. Sebut aja nasi tutug oncom. Olahan nasi bakar dengan bumbu oncom dan disajikan bersama sambal, lalapan dan juga ayam goreng.

Ada juga surabi Bandung yang lebih mantap dilahap ketika masih hangat. Jangan lupa juga berkunjung ke Kedai Roti Gempol yang berlokasi di daerah Gempol, Bandung. Salah satu spesialis roti tawar legendaris ini memang punya tempat instagramable dan rasa yang bikin kangen.

4. Menikmati Uniknya Sate Klatak di Yogyakarta

Mendengar kata “angkringan” pasti yang pertama kali terbesit di pikiran sobat tiket adalah Kota Yogyakarta. Jika berencana memilih destinasi wisata kuliner Indonesia, maka Yogyakarta harus masuk nih ke dalam daftar kamu. 

Beragam minuman hingga makanan lezat seperti Gudeg bisa kamu coba. Olahan sayur nangka muda yang dimasak berjam-jam dengan santan ini punya citarasa manis dan biasa disajikan bersama telur rebus, ayam, serta sambal krecek.

5. Mencicipi Sedapnya Resep Turun-temurun Coto Makassar di Makassar Langsung

Jika menginginkan destinasi wisata kuliner Indonesia bagian tengah, Makassar adalah kota yang tepat untuk sobat tiket. Kota ini memiliki banyak sekali kuliner enak yang kaya akan rempahnya, sebut saja coto makassar, yakni sup daging dan jeroan dengan kuah kental dan beragam rempah.

Selain itu, sobat tiket juga wajib coba sup konro, yaitu daging sapi yang direbus dalam kuah rempah kayu manis. Makan coto makassar dan sup konro cocok sekali untuk dimakan bersama nasi putih hangat.